5 Pemahaman VPN di Indonesia yang Keliru Meski Banyak Dipercaya

5 Pemahaman VPN di Indonesia yang Keliru Meski Banyak Dipercaya - Pengguna VPN Indonesia sudah banyak dan terus berkembang sampai saat ini. Namun, masih banyak juga yang keliru tentang penggunaan VPN tersebut.

Tidak perlu kesal karena pemerintah memblokir akses internet ke beberapa situs atau aplikasi favorit kamu. Pasalnya kamu tetap bisa mengakses beragam situs yang diblokir oleh pemerintah menggunakan layanan VPN di smartphone maupun PC.

Apa kamu pengguna layanan VPN? Jika iya, kamu pasti pernah mendengar beberapa mitos soal VPN. Bahkan ada juga orang yang gak pake VPN karena percaya mitos-mitos VPN yang padahal salah.

Jangan ragu lagi untuk pake VPN. Pasalnya VPN akan melindungi data kamu selama berselancar di internet. Seperti yang dilansir dari Daily Greatest, yuk simak mitos seputar VPN yang ternyata salah seperti berikut!

Baca Juga:
Tips Mencegah Kejahatan Internet dengan VPN Indonesia

1. VPN Hanya untuk Hal Ilegal

Jika kamu percaya bahwa VPN hanya untuk mengakses situs-situs atau aplikasi ilegal, kamu salah besar. Kamu memang bisa pake VPN untuk membuka akses ke situs torrent atau mendownload file-file bajakan. Tapi fungsi VPN lebih dari itu.

Fungsi utama VPN adalah untuk mengenkripsi data dan memberikan perlindungan kepada kamu selama terhubung ke internet. Misalnya saat kamu terhubung ke WiFi di tempat umum, VPN menjadi pilihan bijak agar data-data kamu lebih aman.

2. VPN Bikin Internet Lambat

Dengan VPN, kita bisa menyamarkan alamat IP di Indonesia ke negara lain. Karena memindahkan alamat IP ini jauh dari lokasi aslinya mungkin kamu berpikir bahwa ini akan memperlambat akses internet.

Padahal yang mempengaruhi kecepatan internet bukan cuma lokasi, tapi juga besarnya server yang kamu gunakan untuk terhubung. Dalam beberapa kasus di Indonesia, dengan terhubung ke alamat IP Singapore menggunakan VPN, kecepatan internet malah jadi lebih baik.

5 Pemahaman VPN di Indonesia yang Keliru Meski Banyak Dipercaya
5 Pemahaman VPN di Indonesia yang Keliru Meski Banyak Dipercaya

3. VPN Gratis Sudah Cukup

Yang gratis memang enak. Tapi jika kamu bisa mendapatkan kualitas VPN dengan kecepatan internet yang lebih stabil, bebas iklan dan dari penyedia layanan terpercaya dengan membayar sedikit uang; kenapa nggak? Gak usah pelit demi layanan yang lebih baik.

4. Semua VPN Sama Saja

Salah. VPN berbayar jelas lebih baik dari VPN yang gratisan. Pun juga VPN dengan harga yang mahal, pasti lebih baik dari yang murah. Seperti saat melihat Lamborghini dan Hyundai, sama-sama disebut "Mobil" tapi kan beda rasanya.

Baca Juga:
Cara Memperbaiki Error Saat Instal Windows

5. Pake VPN Bisa Bebas Ngapain Aja

Dengan pake VPN, kita memang bisa membuka situs dan aplikasi yang diblokir pemerintah. Tapi bukan berarti bisa aman sembarangan ngapain aja saat pake VPN. Pasalnya VPN tidak melindungi kamu dari ancaman phising atau keylogger.

Nah, itu dia 5 pemahaman soal VPN yang banyak dipercaya, padahal salah. Jadi, jangan ragu pake VPN ya agar kamu semakin aman selama terhubung dengan internet! Dan semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat buat Anda semua.
0 Komentar untuk "5 Pemahaman VPN di Indonesia yang Keliru Meski Banyak Dipercaya"

Back To Top